header niko 728 x 90

Mengenal Perencanaan Keuangan

Materi ini perkenalan singkat mengenai Financial Planning (perencanaan keuangan) dan juga sedikit pembahasan mengenai kebiasaan yang bisa mengantarkan kita menjadi seorang milyuner yang berbahagia.

Semua yang orang pasti punya IMPIAN dan berbagai KEINGINAN dong ya....
Misalnya ingin jalan-jalan keluar negeri, punya rumah pribadi, hidup terproteksi dan terlindungi, bebas dari kekhawatiran dan hal-hal darurat yang tidak pasti, ingin sekolahkan anak di sekolah-sekolah terbaik, ingin pensiun mapan dan lain-lain.

Nah, untuk semuanya di atas buak hanya menjadi "Mimpi Siang Bolong", namun benar-benar menjadi kenyataan, apa yang kita butuhkan. Tidak lain semuanya ini membutuhkan UANG.
Maka untuk mewujudkan impian dan keingingan kita ini, tentu sangatlah perlu untuk membuat suatu PERENCANAAN KEUANGAN (FINANCIAL PLANING) yang matang. Apakah anda setuju ?

Siapa saja sih yang membutuhkan Perencanaan Keuangan ?

Pada dasarnya setiap orang pasti membutuhkan rencana keuangan, apapun profesi kita. Namun sayangnya tidak semua orang sadar bahwa mereka perlu melakukan perencanaan keuangan. Tidak semua orang mempersiapkan masa depan keuangan mereka. Apa akibatnya?
  • Tidak adanya kontrol atas pengeluaran uang. Akibatnya, kita dengan gampangnya mengeluarkan uang demi barang-barang konsumtif, yang kesenangannya hanya sesaat dan kegunaannya mungkin tidak terlalu diperlukan sebenarnya. Mengorbankan masa depan kita secara tidak sadar.
  • Kesulitan dalam membayar uang sekolah anak yang semakin tahun semakin tinggi, lebih sedihnya lagi anak terpaksa putus sekolah dikarenakan tidak ada biaya.
  • Pensiun tanpa tabungan, tanpa daya dan menjadi beban bagi anak maupun saudara, menggantungkan hidup kepada orang lain.
  • Terlilit hutang sana-sini dan menjadi lingkaran setan.
  • Asset (harta) dan tabungan bisa saja digunakan untuk membayar hutang, biaya berobat, dana darurat, dan hal-hal lainnya diluar dugaan yang harusnya sudah kita persiapkan.
Mengerikan sebetulnya ......
Tentunya kita tidak akan mau jika kita sudah bekerja keras sepanjang hidup, namun semua impian hilang, hanya karena kita tidak mau, bahkan tidak tahu cara mengatur keuangan pribadi dan keluarga dengan baik.

Ada kenyataan hidup yang layak menjadi bahan perenungan kita bersama.
Baca mengenai SANDWICH GENERATION.

Sumber : Materi ini disampaikan oleh : Sanny Theresia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Perencanaan Keuangan"

Post a Comment